Prompting Your Way Out of Galau Episode

“Journaling allows you to dialogue with parts of your psyche that are frozen in time,” she says. “It allows you to tap into deeper reserves of creativity and problem-solving. By keeping a journal, you can get a flash of knowing and awareness that you haven’t seen before.” – Kutipan dari artikel: http://www.webmd.com/depression/features/writing-your-way-out-of-depression)

Jika sebelumnya saya nulis tentang bagaimana menulis membantu saya saat menghadapi episode depresi, kali ini saya mau coba bikin beberapa prompt yang bisa kamu gunakan untuk terapi menulis saat lagi galau atau depresi. Tapi siapapun boleh memanfaatkannya dong he he.

Walau menulis situasi yang menyenangkan dan positif dalam bentuk fiksi bisa membantumu mengatasi depresi, seringkali dalam kondisi ini kita merasa terlalu nggak bertenaga untuk melakukannya. Yang kamu butuhkan di saat-saat seperti itu adalah menulis tentang bahasan atau topik yang menarik dan membangkitkan inspirasimu.

Inspirasi itu datang nggak disangka-sangka dan sumbernya bisa dari mana aja, termasuk dari subyek-subyek yang nggak terlalu kita beri perhatian sebelumnya.

Itulah mengapa saya mencoba buat prompt ini supaya kamu bisa mencoba mana yang paling membuatmu tertarik untuk menuliskan opini. Kalo nggak ada satupun prompt yang berhasil memantik inspirasi dalam dirimu, yah saya hanya berharap maklum dan coba cari prompt di lapak lain seperti Plinky. He he.

Berikut prompts dari saya.

  1. Apa pendapat pribadimu tentang negara Indonesia? Apa yang menyebabkan negara kita ini bisa disebut bagus dan indah, dan apa yang menyebabkannya bisa disebut kacau?
  2. (Buat cowok) Jika Indonesia mencanangkan wajib militer, apakah kamu setuju dan ikut membela apapun yang menurut negaramu benar? Ataukah kamu akan mencoba mencarikan solusi yang lebih baik selain peperangan?
  3. Jika bisa mengulang waktu, kamu ingin mengambil studi apa selain yang sedang atau sudah pernah kamu jalani saat mengambil gelar sarjana? Jelaskan alasannya.
  4. Jika boleh menganalisa sendiri, menurutmu apa hal yang kurang dari dirimu selama ini? Entah itu sifat, sikap atau kekurangan emosional. Apa penyebabnya? Apakah trauma, sikap dan perlakuan yang kurang membangun saat kamu tumbuh besar…?  Dan apa yang ingin kamu lakukan untuk memperbaikinya?
  5. Tulislah sebuah puisi, atau lebih baik….tulislah sebuah lagu, tentang apa saja. Tulislah lagu tentang seseorang yang tetap mencintai meski incarannya jalan sama orang lain. Atau lagu yang memotivasi orang lain untuk tidak bersedih dan yakin pada dirinya sendiri lagi. Tulis lagu tentang apapun yang kamu suka.
  6. Seandainya kamu membangun taman hiburan, apa saja fasilitas dan permainan yang akan kamu sediakan? Bebaskan imajinasimu.
  7. Apakah kamu tertarik bermain musik? Alat musik apa yang ingin kamu pelajari tapi belum kesampaian? Ceritakan lagu apa yang bakal kamu mainkan jika sudah menguasainya suatu hari nanti.
  8. Apa idemu untuk media sosial yang lebih baik? Apakah sistem privasinya harus diberi lebih banyak pilihan? Ataukah mekanisme berbagi konten yang lebih menarik dan seru?
  9. Apa idemu untuk Internet yang lebih baik? Apakah kamu tertarik membuat situs dengan konsep tertentu?Atau mungkin menciptakan sistem dan layanan tertentu seperti penyimpanan file online atau chatting dengan cara baru? Silahkan berfikir inovatif.
  10. Apakah kamu tertarik mengadakan program atau kampanye untuk suatu cause? (AIDS, kematian ibu saat melahirkan, SMS saat berkendara, dan sebagainya.) Temukanlah fenomena sosial yang menurutmu bisa dipertinggi kewaspadaannya dan diperbaiki seandainya dikampanyekan bersama.
  11. Mengapa menurutmu banyak ponsel Cina yang beredar belakangan ini? Apa menurutmu ponsel buatan lokal cukup bagus? Apa indikator atau hal-hal yang menjadi bahan penilaianmu saat memilih sebuah ponsel?
  12. Apa menurutmu alasan Indonesia masih punya harapan untuk ‘naik kelas’ jadi negara maju? Apa faktor-faktor yang harus difokuskan dan dikembangkan agar itu terwujud?

Kamu juga boleh menggunakan prompt-prompt ini untuk bahan postingan blog.

Sekian prompts dari The Moon Head. Semoga bermanfaat.🙂

4 pemikiran pada “Prompting Your Way Out of Galau Episode

    • hehe monggo mbak kalo dirasa bisa buat nambah2 ide tulisan. prompt ini biar memancing beropini aja mbak. dan kalo beropini itu b.i.a.s.a.n.y.a gak kerasa, tau2 udah nulis banyak.😀

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s