Kenapa Ngeblog

blogging makes you awesome

Saya memikirkannya lagi dan mungkin ini bisa jadi referensi buat temen-temen yang terpikir buat ngeblog tapi belum yakin tentang apa yang pengen diraih dalam ngeblog, secara personal maupun efeknya setelah itu.

Keluar dari pikiran

Saya pribadi ngeblog untuk ‘keluar dari diri sendiri’.

Pikiran adalah tempat yang berbahaya, kata sebagian orang. Begitu ide-ide stuck didalam dan nggak dikeluarkan, bisa menimbulkan keyakinan yang keliru, kegelisahan dan (maaf kalau terdengar kasar) ignoransi. Karena emang bener. Kalo kita punya ide tapi nggak diproses lebih lanjut, kita bakal punya banyak sekali beban di pikiran yang bisa membangun semacam batasan tentang cara pandang dan penilaian kita.

Misalnya nih, kita suatu hari mikir kenapa ya pekerjaan kita di kantor itu membosankan. Nah, kalo ide ini cuma berhenti sampai disitu, kita bakal seterusnya punya penilaian yang sama tentang pekerjaan kita setiap hari dan cuma kehabisan energi untuk merasa seperti itu. Padahal ide itu bakal lebih berkembang kalo kita menuliskannya.

Lewat menulis kita bisa melihat isi pikiran kita sendiri diluar pikiran dan melalukan evaluasi atau menilai apa yang bisa dilakukan tentang ide itu. Dari sini prosesnya udah satu langkah lebih panjang dari sebelumnya, toh?

Setelah melihat apa masalahnya, kita bakal cenderung memandang masalah itu sebagai sesuatu yang eksternal dan kita akan mulai mengalami semacam sense “better self” atau membandingkan nilai diri kita dari masalah yang udah diterjemahkan lewat tulisan tadi. <- Ini cuma teori sotoy saya aja hehe kalau ada yang tahu referensi yang bener monggo dibagi pencerahannya.

Dari proses menulis itu kita bisa merasa lebih lega karena udah mengutarakan uneg-uneg, dan lebih lanjut bisa mulai memikirkan solusi atau cara untuk membuat situasi di tempat kerja lebih nggak membosankan. Menulis bakal membuat kita merasa punya teman curhat yang SELALU bisa diandalkan dan nggak pernah bosan dengerin kamu.

Media massa pribadi

Alasan pribadi kedua kenapa saya ngeblog adalah, waktu kecil (usia abege) saya punya ego imajinasi aneh untuk memiliki semacam media publik atau suratkabar sendiri yang isinya adalah tulisan-tulisan karya saya.

Waktu belum bisa akses Internet (jaman sekolah, awal 2000-an) saya kadang suka desain-desain layout di MsWord. Halamannya dibuat jadi dua kolom trus nulis-nulis artikel pura-pura tentang seorang nenek yang menyaksikan penampakan alien atau UFO dan sebagainya ha ha. Agak-agak menjurus ke jurnalis tapi pengennya saya sendiri yang nentuin topiknya, alias suka-suka saya, dan saya sendiri kurang tertarik/nggak kritis soal kondisi sosial dan politik. Akhirnya ketemulah solusinya: ngeblog.

Seiring perjalanan ngeblog dan nulis, saya pun menemukan goal-goal atau tujuan lain yang ingin saya kejar secara pribadi. Saya menyadari saya memiliki keterbatasan dalam berpikir dan belajar (kognitif). Energi yang saya miliki cenderung lembam dan bikin segala tindakan dan hasil pikir saya agak tacky, kaku, terputus-putus, penempatan/penekanan emosi yang kurang pas dan nggak punya flow yang natural. Setidaknya begitulah saya menilai kemampuan diri.

Karena itu saya sering mengalami naik-turun dalam memotivasi diri untuk terus menulis. Kadang merasa menyerah dan berkata pada diri sendiri betapa saya nggak layak mencoba menulis seperti orang-orang lain. Kadang saya melembut dan menaruh motivasi yang sederhana untuk bisa terus menulis; nggak harus begini begitu, yang penting terus dilatih dan dibiasakan, supaya terbiasa berpikir dan bertindak diluar diri (karena saya mudah sekali terserap kedalam diri sendiri). Dan ya karena itulah menulis bagi saya adalah kegiatan yang terapeutik untuk merawat kondisi otak dan psikologis.

Blogosphere

Saya sempat tegang dan khawatir ketika blog saya kedatangan banyak teman blogger dan pengomentar dan pengunjung dan sebagainya. I suck at socializing and hanging out with people. Yes, you’re SO not alone. Bahkan saya bisa jadi lebih payah dan membosankan dari kamu yang merasa sulit bersosialisasi.

Tapi lingkungan yang terbangun ketika kamu mulai ngeblog sangat mengagumkan. Kalo soal konten blog-blog lain yang penuh cerita keren dan bikin horny pengen ngalamin hal yang sama, itu udah nggak perlu ditanya. Satu lagi yang mungkin bakal kamu apresiasi ketika ngeblog adalah keragaman bidang yang digeluti para blogger dan betapa mereka sangat cerdas dan menikmati keahliannya masing-masing.

Kalau kamu beruntung, kamu mungkin bakal dapat sahabat-sahabat baru yang suka membantu atau bahkan sekedar jadi temen gaul (di dunia nyata). Semuanya bisa terjadi. Saat ini dunia dihubungkan oleh gagasan-gagasan yang diterbitkan. Semua orang mencoba melacak sumber inspirasi yang mereka dapat dan berakhir mengidolakan atau berteman dengan orang-orang hebat, dan pada akhirnya membuat diri mereka sendiri jadi orang yang sama hebat dan keren.

Stop second-guessing for simpler and progressive world

Jadi kalau kamu pengen ngeblog, mulai aja dengan menulis hal-hal sederhana dan nggak terlalu menuntut opini pribadi, seperti hobi kamu atau makanan favorit. Jangan meragukan diri sendiri karena nggak ada alasan untuk itu.

Internet adalah dunia yang aneh dimana kamu bisa melepaskan diri dari cangkangmu, tapi orang lain mungkin menemukan prosesmu membuka diri dari cangkangmu itu menarik dan kalian berakhir berdiskusi dan membentuk komunitas kecil mengenai minat, ide dan tujuan yang serupa.

Ngeblog/menulis adalah kegiatan yang membebaskan jiwa. Kamu capek pulang sekolah/kuliah/kerja, lalu menulis jurnal atau puisi tentang perasaanmu, merasa lega, lebih bebas stres, menjadi beberapa kali lebih cerdas dan mampu menyayangi orang-orang di sekitarmu lagi. Itu hanya sedikit efek yang bisa kamu dapatkan dari terapi kehidupan ini.

Satu saran praktis: mulailah ngeblog menggunakan WordPress untuk pengalaman yang lebih intim dan intuitif. Selamat menulis.

Iklan

6 pemikiran pada “Kenapa Ngeblog

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s