Rahasia Sains Periklanan

 

Mau tahu bagaimana cara kerja iklan memengaruhi calon pelanggannya? Berikut saya coba rangkum isi video diatas.

Perusahaan-perusahan di Amerika menghabiskan $170 triliun per tahun.

Iklan menggunakan teknik-teknik yang menanam memori positif serta merangsang emosi penonton sehingga tergerak untuk membeli produk mereka. Hal yang mendasari ini adalah level atau tingkatan bawah sadar manusia.

MODEL

Pada dasarnya kita cenderung tidak ingin mudah dipengaruhi untuk melakukan sesuatu. Tapi kita cenderung memerhatikan apa yang dilakukan oleh orang lain sehingga model digunakan untuk menyampaikan pesan dengan cara tersebut.

Ekspresi senang paling sering digunakan dalam iklan sebab kita memiliki “syaraf cermin” dimana kita cenderung meniru ekspresi yang ditunjukkan orang lain.

Pupil yang melebar tampak lebih ataktif sehingga foto-foto model iklan seringkali di-Photoshop agar pupil mata mereka tampak lebih lebar.

Para ahli juga mengatakan posisi tangan tangan saat memegang produk dalam iklan juga berpengaruh. Dalam hal ini tangan yang dominan yaitu kanan.

WARNA

Warna digunakan perusahaan dalam logo mereka untuk mewakili pesan yang ingin mereka sampaikan tentang produk mereka. Merah menandakan tindakan, semangat dan masa muda.

Hijau menunjukkan kesegaran, pertumbuhan dan kesehatan. Sementara biru menunjukkan kepercayaan, percaya diri dan kenyamanan.

BAHASA

Teknik lainnya adalah klaim yang tidak benar-benar teruji. Misalnya “lebih harum” atau “lebih nikmat” meskipun tidak ada perbandingan resmi yang dilakukan. Selain itu juga testimoni palsu yang mereka klaim berasal dari tokoh publik atau selebriti.

PERTANYAAN RETORIS

Iklan terkadang menggunakan pertanyaan-pertanyaan retoris untuk membuat orang tergerak menggunakan produk mereka. Contohnya: “Got Milk?”, “Mau?”, “Sudahkah Anda Minum Yakult Hari Ini?”

Nah, udah tahu ‘kan gimana perusahaan menggoda kita melalui iklan-iklan mereka? Tertarik membuat perusahaan dan iklan untuk produkmu?

2 pemikiran pada “Rahasia Sains Periklanan

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s