5 Kartu Tarot “Negatif”

Pada tulisan sebelumnya saya mendaftar 5 kartu “positif” dari dek Tarot. Kali ini giliran kartu yang menurut saya seringkali bermakna negatif, meski masing-masing kartu juga mengandung pesan dan nasehat yang positif.

kartu negatif
Nine of Swords

Dimulai dari sembilan pedang. Kartu ini mengilustrasikan seorang pria terbangun dari tidurnya dengan perasaan galau seperti baru saja mendapat mimpi buruk. Kartu ini sering mengindikasikan insomnia, stres hingga depresi. Ada suatu hal yang mengganggumu dan itu membuatmu cemas dan kurang istirahat hingga kondisi mentalmu pun memburuk.

Sisi positifnya adalah ini merupakan momen saat kamu sadar akan hal-hal yang terjadi dalam hidupmu. Dan ini saat yang baik untuk mengevaluasi ulang apa yang penting untuk kamu pikirkan dan mana yang tidak. Hindari terlalu fokus pada masalah dan fokuslah pada solusi serta menciptakan pilihan bagi dirimu sendiri. Get out of this nightmare.

Ten of Swords

Kelanjutan cerita dari sembilan pedang, sepuluh pedang adalah kartu “rock bottom” yang mengindikasikan segala sudah mencapai titik nadir. Tampak tak ada solusi bagi masalah yang ada. Sebaiknya tidak memandang ini sebagai akhir, melainkan bahwa kamu sudah menggali terlalu jauh dan semua orang sudah lelah dengan masalah yang sama. Ini saatnya untuk move on dan memulai sesuatu yang baru.

The Tower

Menara yang terbakar setelah disambar petir. Raja dan penghuni istana terlempar keluar dan jatuh ke jurang. Kartu ini memberitahu bahwa apa yang sudah kamu bangun selama ini adalah suatu kesalahan. Kamu mungkin sudah memiliki keyakinan yang keliru tentang sesuatu, atau memercayai pihak yang salah dan itu berakhir menyakitkan ketika kamu mengetahui kebenaran pahitnya.

Tapi sisi positifnya, ketika menara runtuh, kita akan diberikan pemandangan yang lebih luas mengenai kebenaran sejati. Meski menyakitkan, proses pengungkapan ini akan memberi kita kesempatan untuk belajar dan memulai lagi.

The Devil

Iblis menyesatkan manusia dengan iming-iming dan hal-hal yang kita inginkan. Harta, tahta, wanita kalau kata orang jaman dulu. The Devil menandakan suatu perasaan negatif dimana kita sulit keluar dari perasaan itu. Meski ketika ditelusuri, sebenarnya nafsu buta kita sendirilah yang menyebabkan situasi nggak menyenangkan itu. Kita tahu kalau kita belanja terus menerus, kita akan bangkrut, tapi karena nafsu buta kita terus melakukannya hingga akhirnya kita beneran bangkrut dan nggak punya apa-apa lagi. The Devil juga bisa mengindikasikan mengidolakan sesuatu secara berlebihan dengan cara yang tidak sehat hingga memicu perasaan-perasaan galau dan tak menentu.

Nasehatnya adalah kita bisa keluar dari “kebutaan” ini jika fokus pada hal-hal yang lebih positif. Sadari apa yang baik untuk dilakukan dan jangan ragu meminta orang lain mendampingi dan membantu mengalihkan pikiranmu dari iming-iming “Sang Iblis”.

Three of Swords

Tiga pedang menggambarkan sebuah lambang hati yang tertusuk tiga buah pedang. Kartu ini menandakan pihak-pihak yang tampaknya punya niat miring terhadapmu. Kamu mungkin memerhatikan orang-orang dan teman mulai menghindarimu, pacar mulai cuek dan nggak semesra biasanya… Ada suatu kebenaran yang disimpan darimu. Dan cepat atau lambat hal itu akan terungkap.

Daripada tersiksa dengan sikap orang-orang, kamu harus wanti-wanti terhadap kebenaran yang mungkin dirahasiakan orang lain darimu dan ketika terungkap, jadikan itu pembebas dan pelega hati dan bukannya sesuatu yang menyakitimu lebih lagi.

Demikian seri “kartu Tarot postif dan negatif” versi The Moon Head. Semoga bisa jadi pengetahuan yang memberi inspirasi.

2 pemikiran pada “5 Kartu Tarot “Negatif”

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s