Formula 9 Babak Drama Thriller

Baru pertama kali nyoba bikin video. 😳 Jadi harap maklum kalau hasilnya kurang bagus…

 

Video ini berisi formula 9 babak dalam cerita drama thriller yang saya amati dan sarikan dari sebuah film lawas berjudul How Awful About Allan (1970).

Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Allan yang penglihatannya terganggu setelah sebuah insiden kebakaran yang menewaskan ayahnya, serta merusak wajah kakak perempuannya. Ketika kembali dari rumahsakit, Allan mulai melihat hal-hal aneh di rumah dan dia merasa ada seorang penyusup yang mencoba melukainya. Dihantui rasa bersalah di masa lalu, Allan mencoba mencari tahu siapa yang mencoba membunuhnya.

Saya mencatat ada sepuluh bagian dalam alur ceritanya, tapi kemudian saya pendekkan menjadi sembilan. Harapannya sih formula ini bisa membantu bagi penulis yang ingin mencoba genre drama thriller. Berikut penjabarannya.

1. Something bad happens

Diawali dengan hal buruk terjadi pada protagonis dan orang-orang di sekitarnya. Bisa jadi kecelakaan, bencana alam, dan kematian.

2. Recovery

Tokoh utama masuk rehab atau terapi untuk membantunya pulih dari insiden yang baru saja terjadi.

3. Strange things start to happen

Hal-hal aneh mulai terjadi. Dan tampaknya semua hal aneh dan mencurigakan itu ada hubungannya dengan masa lalu tokoh utama.

4. Merasa terganggu dan lepas kontrol

Akhirnya si tokoh utama merasa sangat terganggu dan lepas kontrol. Dia mungkin mulai bilang ke orang-orang kalau ada sesuatu yang mencoba menyakitinya, tapi orang nggak percaya dan mengatakan itu cuma bagian dari traumanya.

5. Mulai mencoba make sense

Tokoh utama mulai mencoba berpikir dengan kepala dingin. Dia mungkin mencoba menenangkan diri sebentar.

6. Investigation

Setelah merasa tenang, tokoh utama mulai melakukan penyelidikan. Dia menelusuri jejak-jejak dan orang-orang yang mungkin terlibat. Dalam prosesnya dia mungkin bertemu dengan sebuah halangan atau tantangan. Dia mungkin jatuh atau cidera saat melakukan penelusuran dan terpaksa berhenti dan kembali.

7. Investigation with life threat

Dia mungkin mencoba memberitahu seseorang tentang hal-hal yang dia curigai. Dan tentu saja orang-orang masih nggak percaya dan menyuruhnya menenangkan diri. Tokoh utama nggak sabar dan melakukan penyelidikan lagi. Kali ini si penjahat semakin merasa terganggu dan berusaha menyakiti hingga membunuh tokoh utama.

8. Revealing

Setelah berkelahi, tokoh utama berhasil mengalahkan penjahat dan memaksanya bicara tentang apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa dia mencoba membunuh tokoh utama.

9. Happy ending

Singkat cerita, si penjahat diringkus dan masuk penjara, atau mati. Tokoh utama mendapat kesempatan lagi untuk memulai hidup yang lebih baik dan normal. Mendapatkan kekasih atau menikah. Di akhir, bisa juga ditambahkan plot twist yang mengesankan keanehan-keanehan terulang lagi atau belum selesai semuanya. Tapi ini semua terserah pada penulis.

Demikian formula 9 babak yang saya tangkap dari film yang saya tonton. Semoga ada manfaatnya buat para penulis fiksi.

Iklan

8 pemikiran pada “Formula 9 Babak Drama Thriller

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s