B Complex Mengurangi Lemak dan Anxietasku

DSC01246

Perut buncit saya secara konstan kehilangan gelambirnya sejak minum vitamin B complex sekitar semingguan ini. Saya memerhatikan dengan bangga di cermin bagaimana perut saya menyusut dalam beberapa hari ini. Masih buncit sih tapi jauh lebih susut dari biasanya.

Beberapa hari setelah mengonsumi 3-5 butir vitamin B complex 2mg per hari, saya merasa sangat berenergi dan bervitalitas. Ini sangat membantu gejala-gejala Bipolar saya dan anxietas/kecemasan. Tekanan di dada dan kepala karena anxietas menghilang. Nafas saya lebih teratur. Tapi saya masih mengalami social anxiety saat berada di luar/tempat umum. Meski menurut saya itu bisa pelan-pelan diatasi dengan cara berlatih dan dibiasakan. Yang terpenting adalah saat ini saya merasa lebih baik.

Satu lagi masalah yang masih ada adalah masalah tidur. Saya nggak tahu apakah ini karena vitamin yang saya konsumsi atau memang dari sayanya, tapi saya ngerasa semakin susah tidur terutama di malam hari. Tidur sejam, bangun lagi. Itu pun tidurnya nggak nyenyak dan banyak mimpi yang bikin kepala mumet. Saya baru bisa tidur panjang menjelang subuh.

Efek lain yang saya rasakan adalah berkurangnya nafsu makan. Kalaupun makan, nggak bisa banyak-banyak (mudah kenyang). Kadang saya makan tengah malem pas berasa agak laper. Dan itu nggak menghentikan kinerja vitamin B complex membakar lemak di perut saya. Bangun pagi saya ngerasa lemes banget kayak abis lari keliling lapangan 10 kali. Tapi pas ngeliat di cermin, perut saya udah susut lagi tuh. (Saya sampe sempet berkhayal jangan-jangan ada alien yang datang dan melakukan eksperimen dan mengambil lemak dari perut saya.) =_=’

Dari sebuah sumber, B complex disebutkan berkhasiat memecah nutrisi makro dari karbohidrat, glukosa, lemak hingga elemen-elemen lain yang berfungsi untuk menjaga, merawat dan menumbuhkan. Baik untuk fungsi normal syaraf, menjaga kesehatan rambut dan kuku. Mempercepat metabolisme yang berarti pembakaran lemak yang lebih cepat pula.

Lemak-lemak saya di tempat lain seperti paha dan lengan masih menggelambir penuh kejayaan di tempatnya. Tapi ini lumayan jadi penyemangat saya untuk berusaha mengecilkan lemak di bagian-bagian lainnya.

Berikut saya daftar hal-hal saya rasakan setelah mengonsumi vitamin B complex selama seminggu lebih:

  1. Lebih bertenaga dan bervitalitas
  2. Lebih mudah fokus
  3. Anxietas/kecemasan berkurang secara signifikan
  4. Mengurangi nafsu makan
  5. Agak lebih susah tidur
  6. Mengurangi lemak

Vitamin yang saya konsumsi mengandung B1, B2, B6, B12, Calcium Pantothenate dan Nicotinamide. Ada juga yang mengandung asam folat dan bisa dibeli di apotek-apotek dengan harga terjangkau mulai Rp10,500-18,000-an.

Saya nggak mengatakan vitamin B complex adalah obat bagi Bipolar. Tapi saya bisa bilang vitamin B complex sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pendongkrak vitalitas, terutama di kala depresi saat energi terasa terkuras, tidak bersemangat dan mudah lelah. Dan sangat membantu bagi yang lagi diet karena mampu mempercepat metabolisme.

Formula 9 Babak Drama Thriller

Baru pertama kali nyoba bikin video. :oops: Jadi harap maklum kalau hasilnya kurang bagus…

 

Video ini berisi formula 9 babak dalam cerita drama thriller yang saya amati dan sarikan dari sebuah film lawas berjudul How Awful About Allan (1970).

Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Allan yang penglihatannya terganggu setelah sebuah insiden kebakaran yang menewaskan ayahnya, serta merusak wajah kakak perempuannya. Ketika kembali dari rumahsakit, Allan mulai melihat hal-hal aneh di rumah dan dia merasa ada seorang penyusup yang mencoba melukainya. Dihantui rasa bersalah di masa lalu, Allan mencoba mencari tahu siapa yang mencoba membunuhnya.

Saya mencatat ada sepuluh bagian dalam alur ceritanya, tapi kemudian saya pendekkan menjadi sembilan. Harapannya sih formula ini bisa membantu bagi penulis yang ingin mencoba genre drama thriller. Berikut penjabarannya.

1. Something bad happens

Diawali dengan hal buruk terjadi pada protagonis dan orang-orang di sekitarnya. Bisa jadi kecelakaan, bencana alam, dan kematian.

2. Recovery

Tokoh utama masuk rehab atau terapi untuk membantunya pulih dari insiden yang baru saja terjadi.

3. Strange things start to happen

Hal-hal aneh mulai terjadi. Dan tampaknya semua hal aneh dan mencurigakan itu ada hubungannya dengan masa lalu tokoh utama.

4. Merasa terganggu dan lepas kontrol

Akhirnya si tokoh utama merasa sangat terganggu dan lepas kontrol. Dia mungkin mulai bilang ke orang-orang kalau ada sesuatu yang mencoba menyakitinya, tapi orang nggak percaya dan mengatakan itu cuma bagian dari traumanya.

5. Mulai mencoba make sense

Tokoh utama mulai mencoba berpikir dengan kepala dingin. Dia mungkin mencoba menenangkan diri sebentar.

6. Investigation

Setelah merasa tenang, tokoh utama mulai melakukan penyelidikan. Dia menelusuri jejak-jejak dan orang-orang yang mungkin terlibat. Dalam prosesnya dia mungkin bertemu dengan sebuah halangan atau tantangan. Dia mungkin jatuh atau cidera saat melakukan penelusuran dan terpaksa berhenti dan kembali.

7. Investigation with life threat

Dia mungkin mencoba memberitahu seseorang tentang hal-hal yang dia curigai. Dan tentu saja orang-orang masih nggak percaya dan menyuruhnya menenangkan diri. Tokoh utama nggak sabar dan melakukan penyelidikan lagi. Kali ini si penjahat semakin merasa terganggu dan berusaha menyakiti hingga membunuh tokoh utama.

8. Revealing

Setelah berkelahi, tokoh utama berhasil mengalahkan penjahat dan memaksanya bicara tentang apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa dia mencoba membunuh tokoh utama.

9. Happy ending

Singkat cerita, si penjahat diringkus dan masuk penjara, atau mati. Tokoh utama mendapat kesempatan lagi untuk memulai hidup yang lebih baik dan normal. Mendapatkan kekasih atau menikah. Di akhir, bisa juga ditambahkan plot twist yang mengesankan keanehan-keanehan terulang lagi atau belum selesai semuanya. Tapi ini semua terserah pada penulis.

Demikian formula 9 babak yang saya tangkap dari film yang saya tonton. Semoga ada manfaatnya buat para penulis fiksi.

5 Kartu Tarot “Negatif”

Pada tulisan sebelumnya saya mendaftar 5 kartu “positif” dari dek Tarot. Kali ini giliran kartu yang menurut saya seringkali bermakna negatif, meski masing-masing kartu juga mengandung pesan dan nasehat yang positif.

kartu negatif
Nine of Swords

Dimulai dari sembilan pedang. Kartu ini mengilustrasikan seorang pria terbangun dari tidurnya dengan perasaan galau seperti baru saja mendapat mimpi buruk. Kartu ini sering mengindikasikan insomnia, stres hingga depresi. Ada suatu hal yang mengganggumu dan itu membuatmu cemas dan kurang istirahat hingga kondisi mentalmu pun memburuk.

Sisi positifnya adalah ini merupakan momen saat kamu sadar akan hal-hal yang terjadi dalam hidupmu. Dan ini saat yang baik untuk mengevaluasi ulang apa yang penting untuk kamu pikirkan dan mana yang tidak. Hindari terlalu fokus pada masalah dan fokuslah pada solusi serta menciptakan pilihan bagi dirimu sendiri. Get out of this nightmare.

Ten of Swords

Kelanjutan cerita dari sembilan pedang, sepuluh pedang adalah kartu “rock bottom” yang mengindikasikan segala sudah mencapai titik nadir. Tampak tak ada solusi bagi masalah yang ada. Sebaiknya tidak memandang ini sebagai akhir, melainkan bahwa kamu sudah menggali terlalu jauh dan semua orang sudah lelah dengan masalah yang sama. Ini saatnya untuk move on dan memulai sesuatu yang baru.

The Tower

Menara yang terbakar setelah disambar petir. Raja dan penghuni istana terlempar keluar dan jatuh ke jurang. Kartu ini memberitahu bahwa apa yang sudah kamu bangun selama ini adalah suatu kesalahan. Kamu mungkin sudah memiliki keyakinan yang keliru tentang sesuatu, atau memercayai pihak yang salah dan itu berakhir menyakitkan ketika kamu mengetahui kebenaran pahitnya.

Tapi sisi positifnya, ketika menara runtuh, kita akan diberikan pemandangan yang lebih luas mengenai kebenaran sejati. Meski menyakitkan, proses pengungkapan ini akan memberi kita kesempatan untuk belajar dan memulai lagi.

The Devil

Iblis menyesatkan manusia dengan iming-iming dan hal-hal yang kita inginkan. Harta, tahta, wanita kalau kata orang jaman dulu. The Devil menandakan suatu perasaan negatif dimana kita sulit keluar dari perasaan itu. Meski ketika ditelusuri, sebenarnya nafsu buta kita sendirilah yang menyebabkan situasi nggak menyenangkan itu. Kita tahu kalau kita belanja terus menerus, kita akan bangkrut, tapi karena nafsu buta kita terus melakukannya hingga akhirnya kita beneran bangkrut dan nggak punya apa-apa lagi. The Devil juga bisa mengindikasikan mengidolakan sesuatu secara berlebihan dengan cara yang tidak sehat hingga memicu perasaan-perasaan galau dan tak menentu.

Nasehatnya adalah kita bisa keluar dari “kebutaan” ini jika fokus pada hal-hal yang lebih positif. Sadari apa yang baik untuk dilakukan dan jangan ragu meminta orang lain mendampingi dan membantu mengalihkan pikiranmu dari iming-iming “Sang Iblis”.

Three of Swords

Tiga pedang menggambarkan sebuah lambang hati yang tertusuk tiga buah pedang. Kartu ini menandakan pihak-pihak yang tampaknya punya niat miring terhadapmu. Kamu mungkin memerhatikan orang-orang dan teman mulai menghindarimu, pacar mulai cuek dan nggak semesra biasanya… Ada suatu kebenaran yang disimpan darimu. Dan cepat atau lambat hal itu akan terungkap.

Daripada tersiksa dengan sikap orang-orang, kamu harus wanti-wanti terhadap kebenaran yang mungkin dirahasiakan orang lain darimu dan ketika terungkap, jadikan itu pembebas dan pelega hati dan bukannya sesuatu yang menyakitimu lebih lagi.

Demikian seri “kartu Tarot postif dan negatif” versi The Moon Head. Semoga bisa jadi pengetahuan yang memberi inspirasi.

5 Kartu Tarot “Positif”

Dunia ramal meramal mungkin sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Terlepas dari sudut pandang agama, di jaman modern minat ini berubah menjadi tren dan kebiasaan yang mengasyikkan dilakukan bersama teman hingga memberikan pembacaan yang memberikan wawasan serta nasehat bagi kehidupan masa kini.

Saya bukan Tarot reader profesional ataupun ahli, hanya seorang penghobi. Tapi satu hal yang saya suka dari Tarot adalah metode interpretasinya yang sangat dinamis mengikuti perkembangan hidup seseorang. Tarot adalah alat proyeksi alam bawah sadar, jadi cara kerjanya sangat psikologis dan nggak (mesti) pakai mistik-mistikan. Tarot nggak hanya menjabarkan sifat dan watak seseorang berdasarkan waktu kelahiran atau karakteristik tertentu, tapi lebih kepada tindakan dan konsekuensi yang dia alami dalam situasi yang sedang terjadi.

Kebanyakan kartu memiliki sisi positif dan sisi negatifnya tergantung keadaannya saat ditarik. 5 kartu Tarot berikut adalah yang menurut saya langsung memberikan pesan positif ketika muncul dalam pembacaan.

kartu positif

Four of Wands

Kartu ini sering dihubungkan dengan pernikahan atau pesta dan perayaan. Secara umum empat tongkat mengindikasikan suatu keharmonisan dalam hubungan sosial dan keluarga. Semua orang tampak saling nyambung dan saling support. Hubungan dengan tetangga pun terasa hangat dan akur. Kebanyakan kartu Tarot maknanya berubah (menjadi cenderung negatif) jika muncul dalam posisi terbalik atau menghalangi kartu lain. Kartu empat tongkat ini adalah satu kartu yang jika dalam posisi terbalik pun maknanya tetap positif. :)

Three of Pentacles

Kartu ini sering saya sebut sebagai kartu “bonus” atau “hadiah”. Bos kamu memerhatikan kinerjamu di kantor dan di akhir bulan kamu pun jadi salah satu yang dapat bonus. Di lain waktu kamu ikutan lomba atau kontes tertentu dan jika kartu ini muncul maka mengindikasikan kamu akan menang atau mendapatkan hadiahnya. Singkatnya, ini adalah kartu “reward” atas usaha dan kerja keras yang sudah kamu lakukan.

The Star

Kartu ini punya satu tujuan yaitu memberi harapan dan mengingatkanmu lagi pada goal-goal yang ingin kamu capai. Kartu ini menandakan bahwa harapanmu akan tercapai meski kelihatannya itu masih sangat jauh. Yang penting kamu harus tetap optimis dan fokus sama tujuanmu. Kadang kartu ini juga bisa menandakan berkah, kesuburan hingga kehamilan.

The Sun

Sinar matahari memberi kehidupan serta kejelasan pada segala sesuatu. Kartu ini menandakan segala yang bisa diperhitungkan dan bahwa semuanya akan baik-baik saja. Jika kamu baru sakit, kartu ini menandakan kesehatanmu sedang membaik. Kartu ini juga bisa mengindikasikan kecerdasan dalam hal sains dan ilmu pasti seperti Matematika. (Sementara temennya The Moon mengindikasikan kecerdasan abstrak seperti dalam hal seni.) The Sun adalah kartu yang sangat positif. Meski sebaiknya jangan terlalu optimis juga, karena terlalu banyak sinar matahari juga bisa bikin kamu sakit.

Six of Cups

Ilustrasinya menunjukkan seorang gadis kecil yang menerima sebuah piala penuh bunga dari seorang penjual. Kartu ini menandakan masa-masa indah di masa kecil/lalu. Kartu ini bisa mengindikasikan kamu baru saja atau bakal ketemu temen-temen lama, atau sekedar bernostalgia lewat foto-foto jadul. Ini adalah perasaan yang sangat positif dan membahagiakan yang bisa kamu rasakan.

Demikian lima kartu Tarot “positif” favorit saya. Di bagian berikutnya saya akan memuat daftar 5 kartu Tarot yang bermakna “negatif”.

Apa kamu suka ramalan kartu?

[Poem] No Swing

your way

NO SWING

The blue landed on the wrong yard
Stay out of the dark, your shoes are still good
We don’t need prescription
or anyone to witness us labouring upstairs

One day you realize we have no swing
we kept swinging on wildly
We see no tree to attach it to
So you grab your pencil quickly

Things coming and going in slow motion
We picked up the blue back
But it has weighted down our chest
for a very long time you idolize every tear from our eyes

And you said you don’t want to be scared anymore

 

How to be strong? Decide to overcome weakness.

How to be the best in life? Try and master your passions.

What if I’m too weak and a genuine loser? Then you have a lot to do and do it hard.

How do I start? Decide to.

Gambar Ilustrasi

Saya rasa semua orang suka ilustrasi. Terutama tulisan blog atau artikel pun bakal lebih bagus kalau ditunjang dengan gambar ilustrasi.

Sebenernya saya lebih suka jika bisa pake foto. Tapi saya nggak punya kamera yang bagus dan stok foto yang cukup untuk digunakan dalam tulisan. Jadilah membuat gambar sendiri.

cards
Untuk membuat gambar berbasis vector saya menggunakan Inkscape, sebuah program pengolah vector graphic mirip Corel, hanya saja lebih simpel dan mudah digunakan daripada CorelDraw.

Kadang saya langsung menggambar di Inkscape, kadang juga bikin sketsanya dulu di buku gambar.

sketsa

ilustrasi1

Menggambar itu kadang dimulai dengan rasa malas dan berlanjut dengan rasa penasaran untuk menyelesaikan. Imajinasi bisa dihidupkan jika kita mulai mencoba. Nggak masalah jika hasil awalnya sama sekali nggak nyambung dengan gambaran di kepala. Atau jika hasil akhirnya bukan yang paling baik. Tapi kita akan merasa puas karena sudah membuka wawasan dalam menggambar bentuk-bentuk baru. Coba saja terus sampai dapet sketsa yang sesuai keinginan kita.

normal billy
Selamat berkarya.

[Fiksi] Liam

liam short story

“And my Mom starts to never talk to him anymore. I mean, I guess, at least my Dad got what he wants, right? THEY got what they want.” Atdhe drew a small circle on the ground using a twig he found. Fire cracked five feet after his shoes.

“And your sister?” Liam asked softly next to him.

“She doesn’t help. Being caught up all the time with her stupid friends. She’s lucky to be a 16 year old.”

“I’m 17 and I don’t feel like that.”

“Hey, you’re an orphan, I get that, really. And I respect that, okay?”

“Not like that. What I meant was I feel lucky all the time. You know I’ve been places, met different people… I’m just trying to have fun every time.”

The 13 year old looked at him in a flash. “I don’t know why I’m trying to put weight on my mind. I should give no crap on a crap.”

“You want to rationalize your inner pain. That’s normal.”

“What’s that mean?”

“Uh, you know…you want to feel like the problem all came from the outside… Because…it’s more sustainable than inner pain. It’s sort of your defense mechanism to prevent your mind going too deep down and losing control.”

Atdhe took a second to think. “So why can’t I just switch from caring to NOT caring and thinking about something else?”

“Because your real problem is yourself. You can try to reduce the symptoms of your anxiety upon whatever is happening in your family… You can sit here by the woods with me, light up a bonfire and get some good ol’ fresh air… That’s how you let yourself become less tensed for a while. But eventually, you also gotta find a method to let yourself go of the current issue and get yourself liberated in peace. You could go from trying to solve your problem, or not at all and just get yourself out there. Let it go. Stop taking it personally and just continue only your favorite parts of life.”

“That sounds impossible to me. Can people really do that?” Atdhe broke the twig into two and threw one piece to the fire.

“Sure. All the time. You’ve done a lot of things because you believed in yourself on doing them.”

“Like what?”

Liam raised his shoulders. “I don’t know. Simple things like learning to use the toilet when you’re little, how to eat, where to get the fruit punch in a party, talking to people…”

“That’s common stuffs. I can do that because I saw everybody does it. I’m no ahead-of-the-curve type.”

“You did learn from past experiences of others. But then you believed that those would be new experiences for you. Because, if you wanna find out what’s good for you, you simply gotta try.”

“Yeah, okay, but how can that solve my family’s problem?”

“I’ve said it and I’ll say it again. It’s up to you which way you wanna go. The question is: what do you WANT to do? What’s your idea? Talk? Then talk to them. Tell them what you think and how you feel these days.”

“I just want us to go to Disney Land again like when I was 6? Do you remember that?”

“Yeah, I remember. You got pretty excited about seeing Peter Pan.”

“I know. I noticed he’s being so kind and supportive to visitors. Like this one girl who had cuts on her arm from self harming. And eventually he made her promise to stop cutting because, he said, every time she cuts, a fairy dies. She hugged him and cried in joy. Do you remember that, Liam?”

Liam smiled.

Atdhe stared at the ground. “What if it doesn’t work?”

“You’d be sort of sad.”

The boy looked at his best imaginary friend and sported a bitter smile. “Do you think I really gotta try?”

“Letting it out of your chest in an actual action will get you feeling so much better.” Liam touched the boy’s shoulder. “I’m not lying.”

The next dinner time, Atdhe talked it out on the table. He just said that it’d be nice if they can go to Disney Land again. He didn’t necessarily hang his hope on anyone. Simply saying what he believed would be good for him. Because, at this point, he came to understand his self-worth as a young kid who deserved having fun. That’s all.

After that, the stuffed chest lost its huge amount of tension. The boy went up to his room and smiled at what he’s done. And that’s liberating.

His parents started to talk again in a couple of weeks. By summer, they talked about going to Disney Land within the first month of the season. The house was warm and alive again. Atdhe’s sister secretly stared at her little brother and smiled in gratitude.

The next evening, Atdhe took off of the chair, leaving the glowing laptop screen and stared outside the window. He turned around and found a teenage guy sitting on the edge of the bed, didn’t age ever since Atdhe saw him in the first grade. The kid sat next to him and watched Liam’s pony tailed light brown hair and tan jacket. Those pale blue eyes were always Atdhe’s favorite physical feature. He decided the color of those eyes in 2nd grade.

“Liam?”

“What?”

“You’re not real, are you?”

Liam looked at Atdhe in the eyes and smiled. “I don’t have to be real to be your friend.”

Atdhe smiled lightly and whispered, “Thanks.”

Passion

passion

Tulisan inspiratif mas Ryan yang ini sudah membuat saya bersenang-senang dengan visulisasi yang tujuannya adalah untuk menemukan passion atau hasrat. Seperti yang diinstruksikan dalam tulisannya, saya pun menutup mata dan membayangkan sebuah tempat yang nyaman dimana saya melakukan pekerjaan yang saya nikmati. Kemudian membayangkan melakukan pekerjaan itu di tempat yang tidak terlalu nyaman, apakah masih menikmati mengerjakannya?

Pertama-tama, saya sadar passion saya nggak jauh-jauh dari menulis. Saya kemudian membayangkan sebuah tempat di dekat alam terbuka, bisa jadi dekat sebuah danau, atau diatas perbukitan yang berangin. Saya menulis berbagai macam tulisan. Fiksi, non fiksi, hingga sekedar menulis dan membalas email.

Dan kedua, jika lingkungannya diubah menjadi tempat yang tidak begitu menyenangkan, saya melihat itu sebagai tantangan untuk mencari inspirasi tulisan dari tempat-tempat baru.

Mungkinkah terwujud visualisasi ini? Pastilah butuh usaha besar dan waktu yang panjang (bagi saya) untuk mewujudkannya. Bagaimanapun saya akan berusaha mencari cara untuk melebarkan jalan untuk passion saya ini. Karena memiliki passion itu seperti juga mencintai seseorang. Ada tahap perkenalan, eksplorasi hingga menemukan titik nyaman.

Jadi tidak ada kata terlambat untuk menemukan passion-mu dan menjalankannya dengan caramu sendiri. Itu adalah hak istimewa yang patut kita syukuri.

Apa passion-mu?

Ngeblog: Apa Yang Kau Cari?

ngeblog

Apa yang kamu cari dari ngeblog?

Saya mulai ngeblog sekitar 2008. Sejak itu udah gonta-ganti blog entah berapa kali dan juga mencoba tema yang berbeda-beda. Semua itu adalah proses pencarian apa yang sebenarnya saya mau, atau lebih tepatnya, bisa saya nikmati dari ngeblog. Karena pada dasarnya saya suka nulis sehingga saya terus mencari cara yang lebih baik untuk menyalurkannya.

Hingga akhirnya saya memutuskan berbagi pengalaman dan ide di The Moon Head sebagai blog utama sejak dua tahunan ini. Saya masih punya beberapa blog lain yang memang sengaja nggak terlalu diurus. Saya cukup percaya aja orang masih bisa menemukan blog-blog tersebut dan mengambil manfaatnya.

Pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman ngeblog selama ini adalah, semua orang punya karakter dan minat yang beda-beda. Dan dalam ngeblog, kedua hal itu bisa jadi sumber yang sangat powerful untuk memulai kebiasaan menulis blog yang menyenangkan dan bermanfaat.

Nggak masalah apakah akhirnya kamu menikmati menulis dalam niche tertentu, atau campur-campur kayak blog ini. Apapun yang kamu tuliskan nantinya bakal memperkaya hidup kamu dengan kepuasan berkarya dan pelajaran bahwa memperbaiki diri itu nggak kenal waktu dan terus berkelanjutan.

Kamu bisa coba berbagai persona, karakter, gaya menulis, topik, tapi jangan palsukan identitas ya hehe. Kamu akan menciptakan sebuah dunia disini dan itu akan jadi sesuatu yang menyatukan kita melalui gagasan yang berbeda-beda. Misalnya kita jadi tahu gimana kehidupan dan ekspresi orang yang suka traveling, yang suka menulis, fotografi, dan sebagainya. Dan itu adalah wawasan yang bisa diberikan secara eksklusif lewat media personal bernama blog.