Hal-Hal Yang Kupelajari Dari Game Angry Birds (Rio)

Para penggemar game Angry Birds pasti tahu bahwa game ini tidak hanya sekedar permainan ngancur-ngancurin (pertahanan musuh) untuk mendapatkan poin dan menyelesaikan permainan. Para pemain juga harus memikirkan strategi agar bisa menyelesaikan tiap level dengan baik.

KETEPATAN

Ketepatan mungkin adalah satu hal yang segera dipelajari oleh pemain. Jika kita ingin menghancurkan pertahanan lawan, kita harus mengukur ketepatan serangan agar dapat mengenai musuh dan meruntuhkan struktur pertahanannya.

1. Arahan. Tugas pertama kita adalah mengarahkan burung-burung yang marah ini ke titik tertentu dari struktur pertahanan musuh. Ini dilakukan dalam, mungkin, banyak percobaan, untuk mengetahui apa yang akan terjadi jika kamu menyerang bagian tertentu. Mungkin terdengar sederhana, tapi ini sangat penting karena game ini menerapkan hukum fisika (atau apapun itu) yang cukup realistis, minus kekuatan angin.

Pelajaran hidup yang bisa diambil dari sini adalah, tampaknya, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Tapi ketika kita memutuskan untuk mencoba melakukan sesuatu, kita harus tahu kemana arah yang kita tuju.

Jangan ragu untuk membuat goal-goal yang ingin kamu capai dalam suatu usaha. Seperti yang dikatakan sebuah kata-kata bijak (nggak tahu sumbernya), “kejarlah bulan, karena jika gagal, setidaknya kita akan berada diantara bintang-bintang.”

2. Potensi. Aku suka angry birds karena burung-burung yang ada dalam game ini punya karakter yang berbeda-beda. Favoritku adalah burung biru atau Blue Bird yang bisa pop-up jadi tiga kali lipat dan burung hitam alias Black Bird yang bisa meledak seperti bom. Aku suka Blue Bird karena suara yang dia ucapkan saat menyerang mirip seperti menyebut nama seorang temen sekaligus masku, “Mas Armiii….!” wakakaka. :lol: It keeps blowing my mind each time. Dan aku suka Black Bird karena menurutku kekuatan ledaknya sangat mengagumkan. Aku suka meledakkan sesuatu! :lol:

Ketika menggunakan setiap karakter burung dalam game ini, kita akan belajar untuk mengenali tiap potensi dan kelebihannya. Dan tugas kita adalah menggunakan potensi-potensi mereka itu untuk ‘pekerjaan’ yang tepat.

Ketika harus mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu, memang lebih mudah untuk menggunakan saja semua yang ada kedalam pekerjaan, dengan harapan pekerjaan itu bisa segera selesai dengan baik. Namun akan lebih efektif jika kita mau meluangkan sedikit waktu untuk mengenali/memahami potensi dari setiap tool yang kita punya, ataupun tenaga dan bantuan dari orang lain yang kita terima, untuk tugas-tugas tertentu yang siapa tahu bisa membuat pekerjaan jadi lebih mudah atau selesai lebih cepat.

Contoh lain, saat kelabakan menjelang ujian atau ulangan, kita mungkin bisa menemukan cara-cara kreatif untuk belajar dan menghafal. Ketimbang belajar secara barbar alias serabutan, kita mungkin bisa menggunakan bantuan yang namanya MindMap atau PetaPikiran-nya pakde Tony Buzan. :mrgreen: Supaya otak lebih mudah menyerap informasi pelajaran karena MindMap biasanya disertai dengan gambar dan warna-warni yang bisa kita kreasikan sendiri. :D

Kenali potensi yang ada di sekitarmu.

EFISIENSI

Ketimbang sekedar menghancurkan dan menyelesaikan sebuah level, kita juga bisa mendapatkan score tambahan jika bisa mengalahkan musuh dengan hanya sebagian atau menyisakan burung yang disediakan untuk menyerang. Tiap burung yang tersisa akan memberi tambahan nilai sebesar 10000.

Bagaimana pemain bisa melakukan ini?

1. Prinsip “2 burung dengan 1 batu”. Faktanya, kita bisa mendapatkan dua hasil serangan dengan satu burung. Jika kita tahu dimana titik mata rantainya.

Ini benar-benar game kausalitas yang hebat. Jika kita berhasil mengenai titik tertentu, kita bisa menghancurkan struktur pertahanan yang ada di belakang atau mengenai musuh yang tidak berdekatan sekalipun. Kamu bakal punya pandangan yang super-kritis bak robot atau orang jenius (lebay) ketika menerka-nerka rentetan kerusakan yang bisa kamu hasilkan dengan satu serangan. It is so cool! :D Dan kalau kamu berhasil, kepuasannya itu tak terkalahkan. Halahahaha.

Dalam kehidupan nyata, kita diharuskan untuk menjadi lebih cerdas dalam memilih dan memperhitungkan apa yang bisa kita dapatkan dari sesuatu hal. Karena tidak selalu dan tidak semua orang bisa mendapatkan semua hal sekaligus. Terkadang kita harus memilih sebagian kecilnya saja dari yang kita mau, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Mungkin itu yang disebut skala prioritas.

Contoh lain dari prinsip ini mungkin adalah ketika kita harus berhemat, memilih barang dengan bijak dan belajar secara rutin ketimbang belajar  SKS (sistem kebut semalam) ketika menjelang ujian. :mrgreen: Intinya adalah segala tindakan cermat dan tidak membuang-buang banyak waktu dan tenaga yang memungkinkan kita mendapatkan semua yang kita butuhkan.

2. Dasar masalah.  Efisiensi dalam game ini juga bisa dicapai ketika kita bisa, seperti prinsip diatas, menghancurkan sebagian besar pertahanan dengan satu serangan maksimal. Bagiamana melakukannya? Kamu bisa mencoba lagi dan lagi untuk mengetahui titik mana yang rawan atau paling melemahkan pertahanan. Menurut pengamatanku dari game Angry Birds Rio yang belakangan sering kumainkan, seranglah bagian dasarnya!

Biasanya kita hanya memerhatikan dimana posisi babi (Angry Birds) atau kera (Angry Birds Rio) sehingga kita hanya terfokus untuk menyerang ke arah tersebut. Tapi tidak selalu mudah karena biasanya pertahanan justru diperkuat di sekitar makhluk-makhluk itu. :mrgreen: Maka salah satu solusinya adalah, perhatikan fondasi dari struktur yang menahan makhluk-makhluk itu didalam. Lalu seranglah di titik yang menurutmu bisa meruntuhkan seluruh atau sebagian besar pertahanan dalam satu serangan.

Dalam kehidupan sehari-hari, ini berkaitan dengan fokus yang keliru yang aku dan banyak orang sering lakukan. Seperti postingan yang pernah kutulis sebelumnya, janganlah kita jadi seperti rusa yang terfokus pada masalah ketimbang solusi. Pelajari dasar dari masalah untuk melihat big picture-nya. Cobalah untuk mencari tahu apa yang menyebabkan semuanya secara objektif. Hal itu akan membantu kita mempelajari masalah dari berbagi sudut pandang dan menemukan solusi yang paling tepat.

Hmm, siapa sangka belajar strategi sederhana bisa sangat menyenangkan. Kakawww…! :D

Ada tambahan? Tulis di komentar, ya…

[oh ya aku posting gambar di kaskus. gambarnya ‘sesuatu’ deh, cuma aku gak mau ah posting lagi disini… :mrgreen: klik untuk lihat thread-nya]

About these ads

22 pemikiran pada “Hal-Hal Yang Kupelajari Dari Game Angry Birds (Rio)

  1. Tambahan: melatih Kecepatan Bertindak. Waktu di dalam game Angry Birds memang tak terbatas, namun waktu untuk memainkannya – bagi saya – sangat sempit. Biasanya main di antara waktu-waktu istirahat kuliah, di antara selang-selang waktu kosong nggak ada agenda, jadi harus bisa mengeluarkan sebesar mungkin potensi pada waktu-waktu yang sempit itu. :mrgreen:

    • sebenernya banyak game yang unsur strateginya lebih intens. tapi biasanya berpusat pada masalah spesifik yang diusung game-nya. kalo di angry birds mungkin lebih sederhana dan umum. :D

  2. saat q mau mainin game angry birds muncul error begini
    The procedure entry point??1_Scoped_lock@_ReentrantPPLLock@details@Concurrency@@QAE@XZ could not be located in the dynaic link library MSVCR100.dll.
    tolong dibantu

  3. hmm, kalo buat anak2 sy malah merasa kalo game ini berpotensi buruk krn isinya melulu penyerangan thd markas babi, diperparah lg dengan aksi bunuh diri si burung2. kayaknya ada misi negatif gitu…

    • saya cuma bisa bilang bahwa wajar jika satu hal semacam ini menuai banyak opini. mungkin budaya, lingkungan dan hal-hal yang diyakini masing2 orang.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s